Menjalani Operasi Katarak di RS. Cicendo

Rumah sakit  Cicendo Bandung adalah rumah sakit khusus mata, sebuah rumah sakit yg terkenal bahkan banyak dikunjungi pasen pasen dari luar kota Bandung. Berikut ini pengalaman Menjalani Operasi Katarak Di RS. Cicendo.

Saat itu sebelum bapa dioperasi di RS Cicendo bapa berobat dulu ke poli mata RS Santosa Kopo Bandung.  Dengan menggunakan kartu ASKES tidak kurang dari tiga kali bapa berobat ke sana.

Setelah dicek persepsi cahaya dan gerakan tangan serta hitung jari oleh dokter mata di rumah sakit tsb, mata bapa diperiksa dgn alat optalmoscope khusus, diagnosa saat itu adalah katarak sinistra n dekstra. Artinya ada kabut di kornea  mata bapa yg kiri dan yg kanan, dokter mata di RS Santosa menganjurkan agar bapa operasi katarak, saat itu bapa diberi obat regimen awal berupa obat tetes mata Catarlent 3dd2 tts dan obat Eyefresh q3h.


Beberapa minggu kemudian dibuatlah rujukan dari puskesmas Kopo Bihul utk poli mata RS Santosa Kopo Bandung, poli mata rs santosa memberi rujukan ke rumah sakit daerah sebagai FASKES ke dua, setelah diacc oleh pihak BPJS, surat tsb harus dilaminating agar aman dan tidak rusak . Rujukan tsb penting utk pemeriksaan lanjutan ke RS Cicendo.

Pendaftaran berobat ke RS Cicendo bisa dilakukan via sms, dgn format sms tertentu dan ditunjukan ke poli yg dituju dan mencantumkan rekam medis pasen serta tanggal kunjungan ke rumah sakit. Format sms tsb di antaranya : ketik daftar rekammedis poli tgll kontrol. Semuanya dipisahkan oleh spasi, pendaftaran via sms ini harus dilakukan dua atau tiga hari sebelum berobat.

Pada hari h nya, kita datang ke bagian pendaftaran BPJS, setelah mengambil nomor antrian kita akan dipanggil dan melakukan pendaftaran sesuai sms balasam yg telah diterima di hp kita, kemudian kita perlihatkan sms nya, juga kartu askes asli, rujukan rs santosa, kartu berobat rs cicendo n ktp asli. Setelah semuanya beres dan di acc oleh petugs BPJS kita bisa langsung ke bag poli katarak, sedangkan rekam medisnya dibawa langsung oleh petugasnya ke poli tsb.

Poli pertama yg didatangi adalah Poli katarak, setelah menunggu beberapa saat kita dipanggil masuk oleh perawat, kemudian dilakukan pemeriksaan snellen berkomputer, lalu  dilakukan pemeriksaan optalmoscope terbaru. Setelah semuanya beres kita diminta datang kembali minggu depan utk pemeriksaan usg ost mata,  dll. 

Mingu depannya kita berobat lagi, kmd bapa dirujuk ke bag retina,  bag retina   mengadakan pemeriksaan  darah utk cek lab. Kemudian bapa diminta datang lagi minggu depan utk memperlihatkan hasil lab minggu yg lalu.

Hasil lab tsb diberikan ke dokter internist (pada saat pendaftaran tetap daftar ke bag retina). Dokter internist melakukan sejumlah pemeriksaan dan melihat  hasil lab tsb. karena tensi bapa yg masih tinggi dan ada beberapa parameter lab yg harus dikoreksi  dokter internist belum bisa memberikan acc utk operasi mata sampai bapa meminum sejumlah obat utk mengoreksi parameter parameter tsb. Obat yg diminum bapa antara lain amlodipin 10 mg 1dd1 ac, metformin 500 mg 2dd1 pc dgn glimeperide 1 mg 1dd1, bisoprolol 0.5 mg 1d1 pc, dan furosemide 400 mg 1dd1 pc, dengan catatan setelah obat bapa  habis maka akan dilakukan cek lab ulang.

Dua minggu kemudian bapa kembali berobat ke RS Cicendo, dan setelah hasil lab mencapai standar yg diinginkan, maka dokter  internist tsb meng acc rencana operasi katarak bapa.

Ruangan Poli katarak berdekatan dgn ruangan dokter internist dan berada di lantai yg sama, saat itu dokter poli katarak yg bertugas aalah seorang dokter laki laki dgn dialek khas indonesia timur. dokter tsb sangat ramah dan dgn teliti memeriksa semua berkas berkas pemeriksaan bapa. Kemudian dokter tsb melakukan beberapa jenis test pemeriksaan mata dan mengatakan bahwa mata bapa bisa dioeperasi.

Setelah operasi ditentukan, bekas bekas pemeriksaan di bawa ke lantai bawah, ke ruangan kaca di mana kita akan mendaftarkan rencana operasi ddan mencari kamar perawatan yg kosong...

Tiga atau empat hari kemudian ada sms bahwa ruangan perawatan untuk bapa telah tersedia dan bapa pun berangkat ke RS Cicendo.

Setelah melakukan pendaftaran seperti biasa bapa dibwa perawat ke gedung sebelah, gedung di mana bapa akan dioperasi. setelah melewat lorong lorong rumah sakit bapa tiba di uangan perawatan kelas 1. saat itu bapa ditempatkan di lantai dua.

Ruangan nya cukup bersih, ada sopa dan dan lemari serta kamar mandi di dalam. saat itu bapa datang pada sore hari sedangkan operasi akan dilakukan esok harinya kira kira jam 8 pagi.

Entah karena tegang banyak pikiran atau gelisah dgn hasil operasi malam itu bapa tdk bisa tidur...hanya duduk saja di korsi roda....setelah agak malam bapa baru mau pindah ke ranjang pasen...

Karena malamnya kurang tidur bapa bangun kesiangan...dan lbh kurang jam 9 pagi bapa dibawa kw ruangan operasi. Operasi berlangsung lebih kurang 1 jam..dan bapa dibawa kembali ke ruangan perawatn dan rawat inap selam 2 hari lamanya.

Demikianlah pengalaman Menjalani Operasi Katara di RS. Cicendo. semoga bermapaat.


Comments

Popular posts from this blog

Cara Cara Menyeka Pasen Di Rumah

Cara Cara Merawat Tracheostomi di rumah