Cara Cara Merawat Luka Dekubitus Di Rumah

Berikut ini cara cara Merawat luka dekubitus di rumah. Hal ini membutuhkan ketelatenan dan ketekunan dari pihak keluarga pasen.

Pasen yg lama tirah baring / bedrest  dan kulitnya lama bersentuhan dengan kasur akan mengalami luka lecet, yg lama kelamaan akan berubah menjadi luka dekubitus. luka dekub biasanya terjadi pada kulit yg bersentuhan langsung dengan kasur atau alas tidur dalam waktu lama sehingga terjadi akumulasi panas pada kulit tersebut. 

Pada pasen dengan penyakit diabetes luka dekub ini bisa berkembang menjadi nekrosis diabetik yg jika tdk dirawat dgn benar akan berakhir dgn amputasi.

Bagian bagian tubuh pasen yg sering terkena luka dekub  biasanya adalah :

- belakang bahu yg berdekatan dgn lengan atas

- seluruh bagian punggung terutama  daerah gluteum maksimus

- daerah tumit dan sekitarnya, dll

Dalam hal ini adalah sangat penting agar miring kanan miring kiri ( mika miki) dilaksanakan dgn teratur dan disiplin, mika miki dilaksanakan tiap dua jam sekali atau tiap tiga jam  sekali sesuai anjuran dokter. 

Sedangkan penggunaan kasur angin hanya mengurangi morbiditas luka dekub sebanyak 20% saja.

Sering kali terjadi bahwa pasen yg lama dirawat di rumah mengalami luka dekub ketika pasen dibawa pulang ke rumah....padahal di rumah sakit sudah tentu dilakukan jadwal mika miki dan juga fisioterapi. jika luka dekub terjadi maka biasanya lula tersebut dirawat oleh perawat luka atau dari bagian wound care, bagian perawatan luka ini biasanya bekerja sama dengan bagian home care.

Untuk perawatan luka dekub di rumah biasanya kita memanggil perawat luka dari wound care, baik dari rumah sakit atau dari yayasan home care, tentu saja dengan biaya yg tdk sedikit.

Satu kali dua kali mgk kita masih bisa memanggil perawat luka, tapi dengan seiringnya waktu kita harus berani dan harus bisa merawat sendiri luka dekub tsb.

Jika luka dekub terlanjur terjadi maka berikut ini tata cara merawat luka dekub ringan dan sedang.

Peralatan yg digunakan dalam merawat luka dekubitus di rumah tergantung dari derajat luka dekub itu sendiri. dan utk memudahkan perawatan luka dekub di rumah lebih baik kita menggunakan peralatan dan obat obat yg 'siap pakai'.

Berikut ini peralatan dan obatan yg biasa digunakan untuk merawat luka dekubitus di rumah:

>  pinset anatomis
>  gunting
>  box instrumen
>  sarung  tangan non steril dan sarung tangan  steril
>  kain kassa steril
>  plesterbantan luka
> gel luk yg ccok
> pelester uka, lebih baik yg bersipat hypoalergenik  
> larutan pencuci luk
> keresek tempat sampah

Setelah semua peralatan dan obat obatan disiapkan, maka kita bisa memulai untuk mengganti perban dari luka dekub. perban luka dekub biasanya diganti 3 sampai 7 hari, atau bila dari perban luka dekub tsb sudah terlihat banyak eksudaat/cairan yg keluar.

Berikut ini tata cara penggantian luka dekub yg dapat dilakukan di rumah.

a. cucilah kedua tangan dgn sabun dan air mengalir lalu keringkan dengan handuk bersih.

b. pakai masker mulut dan sarung tangan non steril.

c. masukan semua alat seperti gunting dan pinset ke box instrumen, dekatkan semua peralatan yg akan digunakan.

d.  ukurlah panjang dan lebar plester yg akan digunakan, ukur juga plester bantalan luka yg akan digunakan sebagai bantalan luka tsb,  sesuaikan dgn perban yg masih menempel pada luka tersebut.

e. dengan menggunakan pinset anatomis bukalah perban luka dgn hati hati, jika  perban yg melekat tsb lengket dgn luka tetesi perban tsb dgn minyak keletik atau minyak kelapa, bukalah perban tsb sedikit demi sedikit sambil dilihat kondisi luka tsb, lihatlah apakah luka tsb sudah kemerahan ( ada granulasi jaringan luka menuju proses penyembuhan),  atau ada kulit kehitaman sebagai pertanda adanya nekrosis ( atau jaringan mati yg harus diangkat dgn pinset). Lihat juga apakah bagian luka yg berwarma kekuningan. Buanglah berkas perban tsb ke kantong keresek yg sudah disiapkan.

f. dengan menggunakan pinset anatomis yg sudah diswab dengan alkhohol angkatlah kulit  yg hitam di seputar luka, lakukan dgn hati hati...kemudian ambil kain kassa steril dan basahi dgn larutan nacl secikupnya, kompreslah luka tsb dgn kain kassa tadi lebih kirang 5 menit,  kemudian biarkan mengering . Hal ini bertujuan untuk membunuh kuman kuman yg menempel pd luka tsb. larutan nacl tsb bisa juga diganti dgn godokan daun jambu batu sebanyak 15 lembar digodok dgn air sebanyak 10 gelas sehingga menjadi 5 gelas. gunakan selagi hangat.

g. ganti sarung tangan dgn sarung tangan yg steril dan olesi luka tsb dgn gel intrasite secukupnya, gel tsb jangan sampai mengenai kulit yg sehat.

h. ambil plester bantln luka  yg sudah digunting tadi dan tempelkan pada luka, kemudian tempelkan plester  yg telah diukur tsb di atas plester bantalan luka tsb, tekan beberapa saat sehinga menepel dgn erat.

i. rapikan semua perlatan, lepas sarung tangan dan cuci kedua tangan dengan air dan sabun.

Demikianlah  cara cara merawat luka dekubitus di rumah.

Comments

Popular posts from this blog

Menjalani Operasi Katarak di RS. Cicendo

Cara Cara Menyeka Pasen Di Rumah

Cara Cara Merawat Tracheostomi di rumah