Cara Cara Menyeka Pasen Di Rumah



Dalam  hal cara menyeka pasen di rumah kita harus betul betul memperhatikan kebersihan pasen. Baik kebersihan ruangan, tempat tidur, pakaian, alat alat makan maupun  kebersihan tubuh pasen itu sendiri.

Akan lebih baik lagi jika di ruangan pasen terdapat alat penyaring udara, selain membersihkan udara  alat tsb biasanya memancarkan ion negatif  sehingga udara di ruangan pasen segar dan nyaman untuk pasen. Tapi itu bukanlajhsuatu hal yg mutlak.

Di sini akan dibahas cara cara menyeka pasen di rumah yang menggunakan ngt/sonde lambung , juga bagi pasen yg menggunakan cateter internal. Dibahas juga jika pasen memakai set tracheostomi, ventilator mekanik, monitor dan tabung oksigen.

Sebaiknya pasen diseka sehari dua kali, yaitu pagi hari sekitar jam delapan pagi dan sore hari sekitar jam lima sore.

Tapi seka di waktu sore cukup dengan menggunakan washglove sekali pakai saja, dan pampers pasen tidak perlu diganti jika tdk basah.

Berikut ini cara menyeka pasen di rumah yg baik dan benar.

1. penyiapan alat alat yg diperlukan untuk menyeka pasen, seperti :

> peralatan seka seperti  :

- baskom berukuran sedang dua buah
- dua washglove handuk
- handuk pasen
- tisue basah
- tisue kering

> cairan yg dibutuhkan seperti :

-  sabun cair
-  shampo
-  betadine kumur
-  kayu putih atau minyak telon yg cocok dgn kulit pasen
-  salep dekubal atau salep pelembab kulit lainnya
-  parfume pasen jika perlu
-  pelembab bibir tak berwarna agar bibirnya tidak pecah pecah


> baju pasen, sarung pasen, juga pampers pasen, underpad, keresek besar untuk tempat sampah pampers

> jika pasen menggunakan set tracheostomi maka siapkan pula semua peralatan untuk merawat tracheostomi seperti :

-  kain holder
-  wadah utk merendam inner canule,
-  betadine antiseptik
-  cotton bud besar
-  gunting
>  pinset


>  jika ada luka dekub maka  (dan sudah waktunya penggantian perban dekub ) maka siapkan pula peralatan peralatan yg dibutuhkan, seperti :

-  larutan nacl 0.9℅
-  kain kassa steril
-  bantalan luka, bisa dgn merk  allevyn 
-  intrasite ( jika menggunakan intrasite)
-  perban non alergenik atau  sejeninya


2. langkah persiapan cara menyeka pasen di rumah

>  jika di ruangan pasen ada ac atau kipas angin maka sebaiknya dimatikan terlebih dahulu agar tdk terjadi hipotermia  (suhu tubuh pasen menurun) ketika pasen sedang diseka

>  cuci kedua tangan kita dgn sabun dan air mengalir sampai bersih, lepaskan jam tangan atau cincin bila kita memakainya, bila perlu pasang sampiran utk menjaga privasi pasen

>  jika pasen menggunakan oksigen murni, maka lepaskan dahulu masker atau cannul  oksigennya, matikan katup utama tabung oksigen, lalu matikan katup regulatornya, jangan lupa untuk mencek cairan pelembab dalam regulator oksigennya, jika telah habis  maka cairan harus diisi ulang. bisa dengan air dispenser, bisa juga dengan cairan khusus humidifier portable

>  jika pasen menggunakan oksigen konsentrat maka matikan dahulu tombol on offnya kemudian cabut stiker ac nya

>  jika pasen dipasang infus, jangan dimatikan dulu infusnya sampai pada saat penggantian baju pasen ( jika  pasen memakai baju pasen ), hal ini untuk mencegah infus macet atau darah keluar dari abbocath infusan

>  drainase atau kuras terlebih dahulu urine bag jika sudah penuh, gunakan wadah yg khusus disediakan untuk hal tersebut, jangan lupa untuk mencatat volume urine yg dibuang, catatan volume urine ini bisa digunkan untik menghitung balance cairan pasen harian

>  jika pasen menggunakan monitor, maka aktipkan dahulu mode stanby pada monitor ( tdk usah dimatikan monitornya agar tdk harus menseting ulang parameter yg sedang digunakan),  lepaskan alat ukur saturasi oksigennya, lepas pula manset tensinya, juga lepas konektor egcnya, ( elektroda egc  boleh tetap terpasang di dada pasen). selama seka berlangsung  semua alat alat tsb harus disimpan di tempat yg aman.

>  jika pasen menggunakan ventilator mekanik,  maka ada dua kemungkinan

Jika pasen bisa  bernapas tanpa ventilator untuk waktu satu atau dua jam maka  ventilator dapat dilepas dahulu selama seka berlangsung, hal ini berguna juga sebagai waktu bagi pasen untuk latihan bernapas tanpa venti. dalam kondisi seperti ini venti bisa dimatikan tombol on off nya, kemudian selang sirkulasi venti bisa dilepas dari set traccheostomi atau alat intubasinya. jika seka pasen telah selesai katup katup outlet venti bisa dibersihkan terlebih dahulu, sekaligus membersihkan alat close sucktion jika pasen menggunakannya.

Tapi jika pasen harus tetap menggunakan venti meskipun sedang diseka maka alat ventilator tdk boleh dimatikan, alat venti tetap dinyalak meskipun seka pasen sedang berlangsung.

3. pelaksanaan menyeka pasen di rumah
Jika semua peralatan sudah disiapkan dan semua langkah langkah persiapan telah dilaksanakan maka seka pasen dapat dimulai.

a. seka wajah pasen dgn washglove basah, tanpa menggunakan sabun cair, kalau dikehendaki maka bisa digunakan cairan pembersih muka yg banyak dijual di pasaran, lakukan berulang kali dan keringkan dgn handuk

b. masukan sabun cair pada baskom satunya, campur rata sehingga sedikit berbusa, ini adalah baskom untuk menyabuni pasen, sedangkan baskom yg satunya untuk washglove pembilas, setiap bagian tubuh pasen ( kecuali kepala dan daerah perineum menggunakan prosedur khusus) diseka dgn washglove dari baskom sabun  cair kemudian diseka dgn wasghlove dari baskom air bersih lalu dikeringkan dgn handuk.
seka dimulai dari dada pasen sampai daerah simpipis pubis di bawah pusar pasen, kemudian tangan kanan pasen sampai pangkal tangan, kemudian kaki kanan pasen sampai pangkal kaki, kemudian kaki kiri pasen sampai pangkal kaki, setelah itu tangan kiri pasen sampai pangkal tangan,  pada tahap ini pampers pasen jangan dulu dilepas, demikian juga dgn seprei dan underpad.

c.  miringkan sedikit tubuh pasen ke arah kanan lipat dan gulung ke arah dalam seprei dan underpad yg kotor lipat sampai di bawah tubuh pasen,  lalu kembalikan pada posisi terlentang,  lepaskan perekat pampers tapi pampernya jgn dulu dilepaskan.

d. siapkan washglove dari baskom sabun dan dari baskom pembilas, sediakan secara terpisah agar tdk tertukar, siapkan juga handuk pasen, siapkan pula cream pelembab.
siapkan pula peralatan untuk mengganti peralatan dekub jika memang sudah waktunya mengganti perban sesuai jadwal yg telah ditentukan. (prosedur penggantian perban akan dibahas dlm artikel tersendiri).

Siapkan juga pampers yg bersih, underpad bersih, dan seprei bersih.
hal ini disiapkan terlebih dahulu semuannya agar pasen tdk terlalu lama miring ke kiri saat seka berlangsung. jika pasen terlalu lama mirong ke kiri mgk pasen merasa tdk nyaman, dan jika pasen menggunakan tracheostomi maka biasanya akan banyak keluar slem yg banyak dari canul utama trachestominya.

Jika semua peralatan sudah siap, miringkan pasen ke sebelah  kiri pasen, seka bagian belakang kepala pasen dgn  washlap sabun kmd dgn washlap pembilas, dapat pula digunakan shampo secukupnya. kemudian segera keringkan.

Seka bagian punggung pasen seperti pd bagian tubuh yg lain, keringkan dgn handuk dan oleskan cream pelembab pada punggung.

Gunakan underpad dan pampers  bagian depan yg kotor utk membersihkan feces pasen jika ada, setelah bersih baru gunakan tisue basah sampai bersih, kemudian gunakan tisue kering.

Tempatkan semua underpad dan pampers yg kotor ke kantong plastik yg sudah disiapkan.

Ganti pula balutan luka dekub jika sudah pada waktunya, ingat akan kaidah kaidah anseptik.

Tarik dan lipat seprei yg kotor sampai semunya terlepas dan simpan di tempat cucian baju.

Pasang kembali seprei yg bersih, lalu underpad yg bersih dan pampers pasen, hati hati akan cateter internal atau eksternal pasen jangan sampai tercabut, jika sudah terpasang pada tempatnya balikan kembali pasen ke posisi terlentang

e. miringkan kembali posisi pasen ke posisi kanan sebentar untuk menarik lipatan seprei dan lipatan underpad yg ada di bawah tubuh pasen sehngga seprei dan underpad juga pampers dapat diletakan  pada tempatnya

f. sebelum memasang perekat pamsper, bersihkan dahulu bagian perineum pasen dgn washglove disposible dan tisue basah, jika sudah bersih,  keringkan dgn tisue kering,  perekat pamspers bisa direkatkan.

g. sampai tahap ini proses seka sudah bisa dianggap selesai, hal hal yg harus diperhatikan adalah :

>  jangan lupa untuk memberi gel pelembab bibir agar bibirnya tdk kering mengelupaa

>  pasang kembali sirkulasi ventilator seperti sebelumnya

>  pasang kembali semua peralatan monoitor, seperti manset tensi, alat saturasi dan konektor konektor elektroda egc, kemudian nyalakan lagi monitornya

>  pasang juga canul atau masker oksigen 

>  pasang kembali infusan jika ada

>  pasang juga peralatan set tracheostomi yg bersih jika pasen memakai set tracheostomi

h. rapikan kembali semua peralatan yg digunakan, buang sampah pampers dan sampah biasa diwadah keresek yg terpisah, baju pasen  harus dicuci terpisah dgn baju baju yg lainnya.

Demikianlah ara cara menyeka pasen di rumah. Semoga bermanpat

Comments

Popular posts from this blog

Menjalani Operasi Katarak di RS. Cicendo

Cara Cara Merawat Tracheostomi di rumah